Paolo Maruti's visit to Central Java

Delegasi KPw BI Provinsi Jawa Tengah bersama dengan DPMPTSP Jawa Tengah telah melakukan tindak lanjut dengan mengundang Paolo Marutti (PM) ke Jawa Tengah dan mempertemukannya dengan pelaku usaha lokal pada tanggal 20 – 28 Agustus 2018 dan 8 – 9 September 2018. Tidak hanya tertarik untuk berinvestasi di sektor alas kaki, PM juga tertarik untuk berinvestasi di sektor garmen khususnya pembuatan pakaian dalam wanita (lingerie), sektor pariwisata dan pengolahan kopi. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungan PM ke Industri Alas Kaki
    1. PM bertemu dengan Bapak Muji selaku General Manager PT. Parkland World Indonesia dan PT. Sunjoo Kreatif Indonesia dan mengadakan diskusi mengenai potensi kerjasama di ruangan Keris Jateng pada Gedung Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah. PT. Parkland World Indonesia merupakan produsen sport shoes yang telah memproduksi merk Adidas selama 5 (lima) tahun, sedangkan PT. Sunjoo Kreatif Indonesia memproduksi komponen sepatu khususnya insole sepatu Adidas. Pada pertemuan tersebut, PM bersepakat dengan PT. Parkland untuk memproduksi sneakers dengan teknologi injection fusion dan akan membawa beberapa sample untuk ditampilkan pada festival sepatu kulit internasional yaitu MICAM di Italy.
    2. PM berkunjung ke showroom UKM alas kaki binaan dinas koperasi perindustrian dan perdagangan Kabupaten Magelang dan berdiskusi dengan beberapa UKM termasuk Mia Widy Shoes. PM sangat tertarik dengan desain dari sepatu fashion wanita buatan Mia Widy dan berharap bisa bekerja sama dalam pembuatan desain. PM sangat antusias melihat hasil produksi UKM alas kaki tersebut.
    3. PM bertemu dengan PT. Surya Alfa Mandiri (SAM) yang merupakan produsen sepatu casual (kanvas) dimana salah satu kliennya adalah Airwalk dan melihat beberapa contoh sepatu sebagai pertimbangan dalam menjalin kemitraan.
  2. Kunjungan PM ke Industri Garmen
    1. PM telah dijadwalkan untuk bertemu dengan PT. Hop Lun Indonesia yang merupakan salah satu produsen pakaian dalam terbesar di dunia. Klien dari PT. Hop Lun Indonesia diantaranya adalah Victoria Secret, HnM, Debenhams, Hunkemoller, American Eagle dan Primarks. Setibanya di PT. Hop Lun Indonesia, PM melihat contoh koleksi dan berdiskusi mengenai spesifikasi bahan dari pakaian dalam dimaksud. PM sangat tertarik dengan kualitas bahan dari merk Hunkemoller yang diproduksi PT. Hop Lun Indonesia dan berniat untuk memesan barang dengan kualitas yang mirip dengan beberapa modifikasi agar dapat dipatenkan menjadi merk bawaan PM sendiri.
  3. Kunjungan PM ke Industri Pariwisata
    1. PM berkunjung ke Tlogo Resort di Kabupaten Semarang dalam rangka penjajakan kerjasama dengan BUMD mengenai pengembangan resort milik BUMD pemerintah Jawa Tengah. Rencananya PM akan membeli saham dari BUMD untuk dapat mengelola Tlogo Resort
    2. PM bertemu dengan pemilik Hotel De’Season, Bapak Johannes Abdi Mulya di Karimun Jawa. Pada pertemuan tersebut, Menderes Alperen sebagai CEO dari PM bernegosiasi dengan pemilik jaringan hotel De’Season untuk mengakuisisi beberapa hotelnya di kawasan Jepara dan Karimun Jawa.

 

  1. Kunjungan PM ke Industri Kopi

Berkunjung ke Kampoeng Kopi Banaran di daerah Kabupaten Magelang untuk melihat proses budidaya tanaman kopi, roasting coffee dan pengolahan kopi. PM sangat antusias melihat proses pengolahan kopi, dan merencanakan untuk bekerja sama dengan produsen lokal untuk dapat ekspor kopi dari Indonesia ke Italia.

  1. Melakukan ibadah shalat Idul Adha di KPw BI Jawa Tengah bersama dengan pimpinan dan segenap jajaran pegawai KPw BI Jawa Tengah.

Setelah melakukan beberapa penjajakan dengan pelaku usaha lokal pada sektor alas kaki, garmen, kopi dan pariwisata, PM berencana untuk membeli saham De’ Season Hotel di Jepara. Selain itu mengambil beberapa contoh sepatu untuk ditampilkan pada MICAM international shoes fair di Italia dimana PM akan menjaring calon buyer internasional lalu akan memproduksi secara masal dengan mendirikan pabrik di Jepara.